Cara Membuat Path

April 21, 2011 ayucs

Ikuti langkah-langkah berikut :
1. Klik kanan icon My Computer yang ada di Desktop atau klik kanan Icon My Computer melalui Windows Explorer.
2. Pilih Properties.
3. Klik Tab Advanced
4. Klik tombol Environment Variables
5. Dalam kotak System Variables, pilih variable PATH
6. Klik tombol Edit
7. Pada kotak isian Variable Value, tambahkan kalimat ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_13\bin pada akhir kalimat yg sudah ada
8. Klik tombol OK
9. Klik tombol OK lagi
10. Klik tombol OK lagi

2.3. Tipe Data dan Operator dalam JAVA
JAVA mengenal tipe data yang mirip dengan C++. Untuk data numerik dimiliki beberapa tipe, yaitu :

Integer :
int 4 byte kisaran nilai :-2.147.486.648 s/d 2.147.486.647
short 2 byte kisaran nilai :-32.768 s/d 32.767
long 8 byte kisaran nilai :-9.223.372.036.854.775.808L s/d
9.223.372.036.854.775.807L
byte 1 byte kisaran nilai :-128 s/d 127

Floating point
float 4 byte kisaran nilai :+3.40282347E+38F (7 digit ignifikan)
double 8 byte kisaran nilai :+1.79769313486231570E+308 (15
digit signifikan)

Karakter dan string
char 1 byte 1 karakter
String sebuah objek string dan manipulasinya

Satu hal yang berbeda dengan C++ adalah untuk String dalam JAVA adalah sebuah objek, yang mengandung beberapa method untuk manipulasi objek tersebut. Meskipun demikian suatu objek String dapat diisi suatu nilai string sebagaimana layaknya variabel biasa.
Contoh :
String Nama=”JON SHOLEH”;
atau :
String Nama;
Nama = “JON SHOLEH”;

Beberapa method dari objek string Nama antara lain :
Nama.length() akan menghasilkan : 10
Nama.substring(0,3) akan menghasilkan : “JON”

Contoh program yang melibatkan data adalah sebagai berikut :

class OperasiDATA
{ public static void main(String args[])
{
int a;
float b;
double c;
String d;

a=(int)1/3;
b=(float)1/3 ;
c=(double)1/3 ;
d=”JON SHOLEH”;

System.out.println(“a = ” +a);
System.out.println(“b = ” +b);
System.out.println(“c = ” +c);
System.out.println(“d = ” +d);
System.out.println(“d.length() = ” +d.length());
System.out.println(“d.substring(0,3) = ” +d.substring(0,3));
}
}

Output dari program tersebut adalah :
a = 0
b = 0.333333
c = 0.333333
d = JON SHOLEH
d.length() = 10
d.substring(0,3) =JON

JAVA mengenal operator sama dengan C++ antara lain :
Operator aritmatik :
+, – , * dan / untuk : penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
+= , yakni : x+=4 ekivalen dengan operasi : x=x+4
-= ; *= dan /= memiliki ekivalensi yang sama dengan -=
++ yaitu : n++ ekivalen dengan n=n+1 (increment by one)
— yaitu : n– ekivalen dengan n=n-1 (decrement by one)
% untuk MODULO, yaitu : 5 % 3 sama dengan 2

Operator relational dan logika
, = adalah : lebih kecil, lebih besar, lebih kecil atau sama dan lebih besa atau sama
== untuk SAMA DENGAN
!= untuk TIDAK SAMA DENGAN
&& untuk operator AND
|| untuk operator OR

2.5. Masukan program dari Keyboard
Untuk aplikasi berbasis DOS dengan command line interaktif, salah satu yang selalu menarik untuk dibahas dalam kebanyakan pemrograman adalah masukan dari Keyboard. Untuk masukan berbagai tipe data dari keyboard JAVA tidak menyediakan satu kelas khusus. Tetapi dari package java.io telah didefinisikan suatu class abstract InputStream yang menyediakan beberapa method untuk membaca aliran byte data antara lain method read() untuk membaca sejumlah byte dari keyboard. Arthur van Hoff (1995) mendefinisikan suatu class final yang dinamakan class System yang didalamnya didefinisikan beberapa objek, yaitu :in untuk standard masukan keyboard dan out untuk output ke layar. Untuk selanjutnya method yang diturunkan beberapa method untuk input beberapa type data dari keyboard adalah dari :

System.io.read()

Sedangkan untuk output ke layar digunakan :

System.io.println(String s)

Cay Horstmann (1996) mendefinisikan suatu package corejava yang antara lain mendefinisikan class Console yang didalamnya terdifinisi beberapa method untuk masukan keyboard yang memanfaatkan method System.in.read(), antara lain :

Console.readString(string prompt) : untuk masukan string dari keyboard
Console.readInt(string prompt ) : untuk masukan integer dari keyboard
Console.readDouble(string prompt) : untuk masukan double dari keyboard

Untuk menggunakan class Console perlu dilakukan import package corejava.* Apabila tidak didahului dengan import maka penggunaan method-method diatas akan memunculkan message berikut :
Error : undefined variabel Console !

Selain dengan class Console dari Cay Horstmann, Julio Sanchez dan Maria Canton (2002) mendefinisikan klass Keyin yang memanfaatkan method dari kelas InputSream, yaitu antara lain method :

Keyin.inChar(String prompt) : untuk input karakter
Keyin.inString(String prompt) : untuk input string
Keyin.inInt(String prompt) : untuk input integer
Keyin.inDouble(String prompt) : untuk input double

Dengan demikian untuk membaca beberapa jenis data dari keyboard kita tinggal memilih akan menggunakan method dari class Consoel atau method dari class Keyin, hasilnya sama.

Program berikut ini memperagakan masukan nama, umur dan gaji yang masing-masing mewakili tipe :string, integer dan float

import corejava.*;
public class CobaBaca
{ public static void main(String[] args)
{ int u;
String Nm;
float Gj;

Nm=Console.readString(“Siapa namamu ?”);
u =Console.readInt(“Berapa umurmu ?”);
Gj=(float)Console.readDouble(“Sekarang Gajimu berapa Rp ?”);

System.out.println(“Hallo “+ Nm);
System.out.println(“Kau lahir tahun “+(2002-u));
System.out.println(“Sekarang kau kaya ya!!! Gajimu :”+Gj);
}
}

Pernyataan import corejava.* dapat tidak disertakan dengan catatan kita memiliki definisi class Console (file Console.java) dalam diretori program yang dikompile. Atau membaca dengan Keyin.IntString dengan menyiapkan dulu definisi class Keyin dalam directori program kita.

Output dari program tersebut adalah :
Siapa namamu ? JON SALEH
Berapa umurmu ? 25
Sekarang Gajimu berapa Rp ? 100000
Hallo JON SALEH
Kau lahir tahun 1977
Sekarang kau kaya ya!!! Gajimu : 100000

2.6. Statemen Kondisional
Statemen kondisional dalam JAVA memiliki 4 macam syntax :

If (kondisi) statemen ;
atau
If (kondisi) {blok statemen} ;
atau
If (kondisi) statemen1 else statemen2;
atau
If (kondisi) {blok statemen -1} else {blok statemen-2} ;
Contoh program :

// ——————————————–
// Membaca dari keyboard :string dan double
// menggunakan method inString() dan inDouble()
// dari klass Keyin
// sehingga tidak diperlukan import :corejava.*
// ———————————————

public class Sales
{ public static void main(String[] args)
{
String NAMA,PESAN;
double JUAL,BONUS;

NAMA=Keyin.inString(“Nama Sales :”);
JUAL=Keyin.inDouble(“Hasil Penjualan :”);
if (JUAL>100000)
{ BONUS=0.1*JUAL;
PESAN=”SELAMAT !!”;
}
else
{ BONUS=0;
PESAN=”ANDA HARUS LEBIH GIAT LAGI”;
};

System.out.println(“Saudara “+NAMA );
System.out.println(“Bonus Anda sebesar : “+BONUS );
System.out.println(PESAN);
}
}

Output program :

Nama Sales : BAMBANG
Hasil Penjualan : 99000
Saudara BAMBANG
Bonus Anda sebesar : 0
ANDA HARUS LEBIH GIAT LAGI

III. Tugas

1. Buatlah suatu program JAVA untuk menghitung LUAS dan KELILING suatu empat persegi panjang. Masukan dari keyboard berupa PANJANG dan LEBAR, keluaran ke layar adalah luas dan keliling.

2. Buatlah suatu program JAVA untuk menentukan nilai huruf dari suatu ujian dari nilai bilangan dengan ketentuan :
Nilai angka <40 nilai huruf : ‘E’
40<=Nilai angka < 55 nilai huruf : ‘D’
55<=Nilai angka < 75 nilai huruf : ‘C’
75<=Nilai angka < 85 nilai huruf : ‘B’
85<=Nilai nilai huruf : ‘A’
masukan : Nilai angka dari keyboard
keluaran : nilai huruf

3. Buatlah suatu program JAVA untuk menentukan MODAL akhir dari suatu tabungan dengan bunga berbunga dengan rumus :
MAK =(MAW + B)N
MAK=modal akhir
MAW=modal awal
N = periode penabungan
Catatan : Untuk memangkatkan bilangan dalam JAVA digunakan method dari class Math, yaitu :
Math.pow(x,n) adalah xn
Masukan : MAW dan N
Keluaran MAK
5. Dalam kotak System Variables, pilih variable PATH
6. Klik tombol Edit
7. Pada kotak isian Variable Value, tambahkan kalimat ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_13\bin pada akhir kalimat yg sudah ada
8. Klik tombol OK
9. Klik tombol OK lagi
10. Klik tombol OK lagi
2.3. Tipe Data dan Operator dalam JAVA
JAVA mengenal tipe data yang mirip dengan C++. Untuk data numerik dimiliki beberapa tipe, yaitu :

Integer :
int 4 byte kisaran nilai :-2.147.486.648 s/d 2.147.486.647
short 2 byte kisaran nilai :-32.768 s/d 32.767
long 8 byte kisaran nilai :-9.223.372.036.854.775.808L s/d
9.223.372.036.854.775.807L
byte 1 byte kisaran nilai :-128 s/d 127

Floating point
float 4 byte kisaran nilai :+3.40282347E+38F (7 digit ignifikan)
double 8 byte kisaran nilai :+1.79769313486231570E+308 (15
digit signifikan)

Karakter dan string
char 1 byte 1 karakter
String sebuah objek string dan manipulasinya

Satu hal yang berbeda dengan C++ adalah untuk String dalam JAVA adalah sebuah objek, yang mengandung beberapa method untuk manipulasi objek tersebut. Meskipun demikian suatu objek String dapat diisi suatu nilai string sebagaimana layaknya variabel biasa.
Contoh :
String Nama=”JON SHOLEH”;
atau :
String Nama;
Nama = “JON SHOLEH”;

Beberapa method dari objek string Nama antara lain :
Nama.length() akan menghasilkan : 10
Nama.substring(0,3) akan menghasilkan : “JON”

Contoh program yang melibatkan data adalah sebagai berikut :

class OperasiDATA
{ public static void main(String args[])
{
int a;
float b;
double c;
String d;

a=(int)1/3;
b=(float)1/3 ;
c=(double)1/3 ;
d="JON SHOLEH";

System.out.println("a = " +a);
System.out.println("b = " +b);
System.out.println("c = " +c);
System.out.println("d = " +d);
System.out.println("d.length() = " +d.length());
System.out.println("d.substring(0,3) = " +d.substring(0,3));
}
}

Output dari program tersebut adalah :
a = 0
b = 0.333333
c = 0.333333
d = JON SHOLEH
d.length() = 10
d.substring(0,3) =JON

JAVA mengenal operator sama dengan C++ antara lain :
Operator aritmatik :
+, – , * dan / untuk : penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
+= , yakni : x+=4 ekivalen dengan operasi : x=x+4
-= ; *= dan /= memiliki ekivalensi yang sama dengan -=
++ yaitu : n++ ekivalen dengan n=n+1 (increment by one)
— yaitu : n– ekivalen dengan n=n-1 (decrement by one)
% untuk MODULO, yaitu : 5 % 3 sama dengan 2

Operator relational dan logika
, = adalah : lebih kecil, lebih besar, lebih kecil atau sama dan lebih besa atau sama
== untuk SAMA DENGAN
!= untuk TIDAK SAMA DENGAN
&& untuk operator AND
|| untuk operator OR

2.5. Masukan program dari Keyboard
Untuk aplikasi berbasis DOS dengan command line interaktif, salah satu yang selalu menarik untuk dibahas dalam kebanyakan pemrograman adalah masukan dari Keyboard. Untuk masukan berbagai tipe data dari keyboard JAVA tidak menyediakan satu kelas khusus. Tetapi dari package java.io telah didefinisikan suatu class abstract InputStream yang menyediakan beberapa method untuk membaca aliran byte data antara lain method read() untuk membaca sejumlah byte dari keyboard. Arthur van Hoff (1995) mendefinisikan suatu class final yang dinamakan class System yang didalamnya didefinisikan beberapa objek, yaitu :in untuk standard masukan keyboard dan out untuk output ke layar. Untuk selanjutnya method yang diturunkan beberapa method untuk input beberapa type data dari keyboard adalah dari :

System.io.read()

Sedangkan untuk output ke layar digunakan :

System.io.println(String s)

Cay Horstmann (1996) mendefinisikan suatu package corejava yang antara lain mendefinisikan class Console yang didalamnya terdifinisi beberapa method untuk masukan keyboard yang memanfaatkan method System.in.read(), antara lain :

Console.readString(string prompt) : untuk masukan string dari keyboard
Console.readInt(string prompt ) : untuk masukan integer dari keyboard
Console.readDouble(string prompt) : untuk masukan double dari keyboard

Untuk menggunakan class Console perlu dilakukan import package corejava.* Apabila tidak didahului dengan import maka penggunaan method-method diatas akan memunculkan message berikut :
Error : undefined variabel Console !

Selain dengan class Console dari Cay Horstmann, Julio Sanchez dan Maria Canton (2002) mendefinisikan klass Keyin yang memanfaatkan method dari kelas InputSream, yaitu antara lain method :

Keyin.inChar(String prompt) : untuk input karakter
Keyin.inString(String prompt) : untuk input string
Keyin.inInt(String prompt) : untuk input integer
Keyin.inDouble(String prompt) : untuk input double

Dengan demikian untuk membaca beberapa jenis data dari keyboard kita tinggal memilih akan menggunakan method dari class Consoel atau method dari class Keyin, hasilnya sama.

Program berikut ini memperagakan masukan nama, umur dan gaji yang masing-masing mewakili tipe :string, integer dan float

import corejava.*;
public class CobaBaca
{ public static void main(String[] args)
{ int u;
String Nm;
float Gj;

Nm=Console.readString(“Siapa namamu ?”);
u =Console.readInt(“Berapa umurmu ?”);
Gj=(float)Console.readDouble(“Sekarang Gajimu berapa Rp ?”);

System.out.println(“Hallo “+ Nm);
System.out.println(“Kau lahir tahun “+(2002-u));
System.out.println(“Sekarang kau kaya ya!!! Gajimu :”+Gj);
}
}

Pernyataan import corejava.* dapat tidak disertakan dengan catatan kita memiliki definisi class Console (file Console.java) dalam diretori program yang dikompile. Atau membaca dengan Keyin.IntString dengan menyiapkan dulu definisi class Keyin dalam directori program kita.

Output dari program tersebut adalah :
Siapa namamu ? JON SALEH
Berapa umurmu ? 25
Sekarang Gajimu berapa Rp ? 100000
Hallo JON SALEH
Kau lahir tahun 1977
Sekarang kau kaya ya!!! Gajimu : 100000

2.6. Statemen Kondisional
Statemen kondisional dalam JAVA memiliki 4 macam syntax :

If (kondisi) statemen ;
atau
If (kondisi) {blok statemen} ;
atau
If (kondisi) statemen1 else statemen2;
atau
If (kondisi) {blok statemen -1} else {blok statemen-2} ;
Contoh program :

// ——————————————–
// Membaca dari keyboard :string dan double
// menggunakan method inString() dan inDouble()
// dari klass Keyin
// sehingga tidak diperlukan import :corejava.*
// ———————————————

public class Sales
{ public static void main(String[] args)
{
String NAMA,PESAN;
double JUAL,BONUS;

NAMA=Keyin.inString(“Nama Sales :”);
JUAL=Keyin.inDouble(“Hasil Penjualan :”);
if (JUAL>100000)
{ BONUS=0.1*JUAL;
PESAN=”SELAMAT !!”;
}
else
{ BONUS=0;
PESAN=”ANDA HARUS LEBIH GIAT LAGI”;
};

System.out.println(“Saudara “+NAMA );
System.out.println(“Bonus Anda sebesar : “+BONUS );
System.out.println(PESAN);
}
}

Output program :

Nama Sales : BAMBANG
Hasil Penjualan : 99000
Saudara BAMBANG
Bonus Anda sebesar : 0
ANDA HARUS LEBIH GIAT LAGI

III. Tugas

1. Buatlah suatu program JAVA untuk menghitung LUAS dan KELILING suatu empat persegi panjang. Masukan dari keyboard berupa PANJANG dan LEBAR, keluaran ke layar adalah luas dan keliling.

2. Buatlah suatu program JAVA untuk menentukan nilai huruf dari suatu ujian dari nilai bilangan dengan ketentuan :
Nilai angka <40 nilai huruf : ‘E’
40<=Nilai angka < 55 nilai huruf : ‘D’
55<=Nilai angka < 75 nilai huruf : ‘C’
75<=Nilai angka < 85 nilai huruf : ‘B’
85<=Nilai nilai huruf : ‘A’
masukan : Nilai angka dari keyboard
keluaran : nilai huruf

3. Buatlah suatu program JAVA untuk menentukan MODAL akhir dari suatu tabungan dengan bunga berbunga dengan rumus :
MAK =(MAW + B)N
MAK=modal akhir
MAW=modal awal
N = periode penabungan
Catatan : Untuk memangkatkan bilangan dalam JAVA digunakan method dari class Math, yaitu :
Math.pow(x,n) adalah xn
Masukan : MAW dan N
Keluaran MAK

About these ads

Entry Filed under: Uncategorized

One Comment Add your own

  • 1. ayucs  |  April 27, 2011 at 2:56 am

    z dapat dari buku jie


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

kadek ayu

April 2011
M T W T F S S
    Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: